TIPS MENGHADAPI PSIKOTEST

TIPS MENGHADAPI PSIKOTEST


Apa itu psikotest? Secara mudahnya psikotest adalah tes psikologi. Yang dimana kebanyakan tes ini dilakukan oleh lembaga atau perusahaan untuk menguji calon pegawain nya. Pada umumnya tes ini tidak berubah, karena memang dibuat standar nasional bahkan internasional. Selain itu tes ini juga berpotensi untuk mengetahui potensi calon pegawainya. Nah itu tadi sekilas pengertian dari apa itu psikotes.

Bagi anda yang ingin masuk dalam lembaga media massa psikotest memiliki standar yang hampir sama dengan perusahaan lain. Oleh akrena itu bagi anda yang ingin bekerja, anda harus tahu/paham dahulu beberapa jenis psikotest. Agar anda lebih mudah dan fokus dalam belajar tentunya.

Jenis-jenis psikotest :
TES IQ
Kebanyakan contoh soal-soal tes IQ ini snagat mudah ditemukan di toko buku. Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dan biasa disebut tes verbal dan non verbal. Test ini mengkonsumsi angkat dan bahasa, jadi bila anda suka dengan teka teki silang serta perhitungan maka kemungkinan besar lulus dalam tes ini. Tes IQ ini dibuat standar sehingga semua orang dapat mengerjakannya.

TES KEPRIBADIAN
Tes ini menekankan pada berbagai dilema/situasi/kejadian pada pekerjaan,  bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerjasama yang baik dan bagimana cara menyelesaikan bila terjadi konflik/masalah. Pada intinya pada test ini mencari informasi seberapa “hangat” dan tidak kaku anda dalam bergaul/sosialisasi.

TES KEMAMPUAN
Pada tes kemampuan ini anda diuji dalam serangkaian tugas dengan tekanan yang tinggi dan dapatkah anda bisa melakukannya. Kebanyakan tes kemampuan ini mengkondisikan anda dalam suasana/kondisi penuh tekanan/tertekan, dan anda harus bisa menyelesaikan dengan cepat dan tepat. Bentuk dari tes ini biasanya berupa angka/permainan kata bisa juga berupa bentuk grafik dan betuk tiga dimensi. Pada intinnya tes ini ingin mengetahui seberapa cepat dan tepat anda dapat menyelesaikan suatu masalah dalam keadaan anda tertekan, sehingga usahakan anda menjawab dengan jawaban yang tepat.

TES KREATIVITAS
Pada tes ini anda diminta untuk menulis atau menggambar sesuatu. Untuk menggambar usahakanlah anda menggambar orang yang sedang melakukan aktivitas, semisal lari. Karena menurut pendapat psikolog, orang yang seperti itu termasuk orang yang dinamis dan kreatif. Selain itu pada salah satu tes anda disuruh melanjutkan gambar yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi anda dengan sebaik mungkin.


TIPS MENGHADAPI PSIKOTEST
Untuk mampu lolos dalam lamaran pekerjaan, iasanya anda harus terleih dahulu lolos pada tes psikologi. Oleh karena anda haruslah mampu mengerjakan soal-soal psikotest. Untuk anda yang asing dengan psikotest ini ada beberapa tips dalam mengerjakannya.

Beberapa tips menghadapi psikotest
Tes IQ
Pada tes IQ ini mulailah dengan mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu, kemudian kerjakan yang lebih sulit. Untuk mengoptimalkan skor penilaian usahakan kerjakan soal dengan serius, jangan asal-asalan meski waktu hampir habis.

Untuk catatan “banyaknya pertanyaan yyang terjawab bukan patokan bahwa tes IQ anda berhasil”...”lebih baik jawaban soal anda sedikit, tapi banyak yang benar”...”daripada jawaban anda banyak, tapi banyak yang salah

Karena dari hal tersebut diatas dapat diketahui siapa yang benar-benar mengerjakan secara serius ataupun yang asal-asalan mengerjakan. Selain itu perbanyaklah mengerjakan soal-soal psikotest agar anda lebih menguasainya.

Tes Kepribadian
Pada tes kepribadian ini yang perlu diingat aalah tes ini tidak menentukan siapa yang baik dan siapa yang tidak baik. Tes ini murni hanya untuk mengenal bagaimana kepribadian anda sebagai calon pegawai. Sehingga jawablah soal-soal sesuai dengan kepribadian anda masing-masing. Biasnya tes ini dilakukan untuk menempatkan calon pegawai pada posisi jabatan yang tepat sesuai dengan prinsip “Right Man on The Right Place”

Tes Kemampuan
Tes kemampuan ini terdiri dari deretan angka dan gambar. Untuk mengerjakan tes ini diperlukan konsentrasi yang tinggi. Maka usahakan sebelum melaksanakan tes ini jangan ada piiran atau hal yang dapat mengganggu konsentrasi anda. Semisal ingin ke kamar kecil, bisa anda lakukan sebelum tes dimulai. Selain itu sehari sebelumnya usahkan untuk istiraht secukupnya, agar konsentrasi anda lebih baik.

Tes Kreativitas
Biasanya tes kreativitas ini berupa gambar sebanyak 6 kotak, di masing-masing kotak terdapat tanda awal khusus gambar. Selanjutnya anda diminta uuntuk meneruskan/mengembangkan tanda-tanda tesebut menjadi suatu objek atau gambar. Selain itu pada tes kreativitas ini juga diminta untuk menentukan gambar yang tersulit sampai termudah, paling disukai dan tidak disukai. Contohnya objek bendera, jam, masjid, pesawat, rumah dan tiang listrik.

Kemudian tes terakhir yaitu menggambar orang atau pohon. Untuk tes menggambar orang, gambarlah orang secara utuh dan sedang melakukan suatu aktivitas. Dan untuk tes menggambar pohon gambar pohon yang mempunyai kayu serta berbuah dan daunnya rindang.

Nah itulah tadi merupakan TIPS PSIKOTES yang bisa anda pelajari, semoga bermanfaat dan salam sukses.


Sumber :bkk.ft.uny

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "TIPS MENGHADAPI PSIKOTEST"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    BalasHapus