SEKOLAH GURU INDONESIA | TATA CARA MENDAFTAR (SGI)



Sebelum anda ingin mengikuti program SEKOLAH GURU INDONESIA (SGI), alangkah baiknya anda mengetahui seluk beluk tentang apa itu SGI? Ada pepatah mengatakan “tak eknal maka tak sayang” oleh karenanya anda usahakan mengenal lebih dahulu apa itu SGI.

Untuk mengenal SGI, kita bisa mulai dengan Sejarah, Visi Misi, Fasilitas yang didapat mengikuti program SGI, Alur Proses SGI, dan yang terakhir tata cara mendaftarnya. Dengan begitu anda akan benar-benar paham tentang apa itu SGI serta paham akan program yang ingin anda ikuti. Sehingga dengan begitu anda lebih yakin terhadap keputusan anda .

SEJARAH SINGKAT SEKOLAH GURU INDONESIA
Sekolah Guru Indonesia (SGI) merupakan salah satu jejaring divisi pendidikan  Dompet Dhuafa yang berkomitmen untuk melahirkan Guru Transformasi yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik serta berjiwa kepemimpinan sosial. Sekolah Guru Indonesia didedikasikan bagi para pemuda Tanah Air Indonesia yang siap mengabdikan diri menjadi Guru serta berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di seluruh penjuru Nusantara.



Pada awalnya Sekolah Guru Indonesia bernama Guru Ekselensia Indonesia (SGEI) yang diresmikan pada tanggal 24 Oktober 2009 oleh Bupati Bogor. Kelahiran SGI merupakan wujud dari komitmen Dompet Dhuafa dalam programnya memberdayakan dan meningkatkan kualitas Guru. SGEI merupakan produk inovasi program dari Makmal Pendidikan yang kemudian berekspansi menjadi jejaring divisi pendidikan Domper Dhuafa yang diberi nama Sekolah Guru Indonesia (SGI) pada tanggal 08 Februari 2012.

Dimulai dari tahun 2009, Sekolah Guru Indonesia telah membina 6 (enam) angkatan dan menyemai anak-anak muda inspiratif tersebut menjadi Guru di 31 Kabupaten daerah terepan, terluar dan tertinggal (3T) di seluruh wilayah Republik Indonesia.

VISI MISI SERTA TUJUAN SEKOLAH GURU INDONESIA
Sekolah Guru Indonesia didedikasikan untuk para pemuda Indonesia yang ingin dan siap mengabdi dan berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di seluruh Inodonesia dengan menjadi seorang Guru.

VISI : Awaken the teacher within

MISI :
Mengimplementasikan Prinsip Learining Organization dalam Produktifitas Kinerja Organisasi
Membangun model sistem pengembangan Guru Sekolah Dasar
Mengembangkan SDM untuk menjadi Guru yang profesional, mampu mendidik serta mengajaar, dan memiliki jiwa kepemimpinan sosial
Mengembangkan kemampuan menulis
Menjalin dan memperluas jaringan program

TUJUAN SGI :
Terciptanya Budaya Pengembangan SDM Dan Organisasi
Terlaksananya Kegiatan Improvement Pembelajaran, Pengetahuan Dan Teknologi
Terlaksananya Riset, Inovasi Dan Pengembangan Program
Terciptanya Guru yang Profesional
Terciptanya Guru yang memiliki karakter pendidik, pengajar dan pemimpin
Terpublikasikannya Best Practice program
Terciptanya Jaringan Kerja yang Aktif dan Loyal

FASILITAS DARI PROGRAM SEKOLAH GURU INDONESIA
Fasilitas yang bisa anda dapatkan dari mengikuti program Sekolah Guru indonesia adalah sebagai berikut :

Fasilitas Selama Masa Pembinaan (4,5 bulan)
Memadukan sistem perkuliahan, pembinaan dan aktivitas sosial, intensif selama 24 jam
Training serta perkuliahan sebanyak 134 jam
Narasumber Expert dan Praktisi dibidangnya
Fasilitas Ibadah yang nyaman
Fasilitas Olahraga
Modul dan Tools perkuliahan
Bimbingan dan Konsultasi akademik
Jaket almamater, ID card dan Business card
Seritifikat Program
Perlengkpan rumah tangga (dispenser, perlengkapan kebersihan asrama, perlengkapan makan)
Akomodasi ; tempat ringgal (asrama) ber WI-FI
Makan 3 kali per hari
Uang saku selama magang

Fasilitas Selama Masa Penempatan (1 tahun)
Akomodasi ; tempat tinggal dan transportasi pulang pergi (SGI sampai lokasi penempatan)
Living cost selama di penempatan
Tunjangan kesehatan, tunjangan prestasi dan tunjangan team leader
Dana pemberdayaan masyarakat


KOMPETENSI LULUSAN SEKOLAH GURU INDONESIA
Setelah anda mengikuti program SGI kelas Pasca Sarjana, maka mahasiswa akan memiliki :
Pemahaman serta ketrampilan dibidang menajemen mutu pendidikan, perencanaan dan pembiayaan pendidikan, assessment dan evaluasi program pendidikan, supervisi pendidikan, manajemen kurikulum, manajeman strategi serta menganalisa isu dan problematika pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan progesionalisme dalam mengelola pendidikan yang bermutu pada berbagai jenis dan jenjang pendidikan

Menjadi sarjana muslim dengan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia dalam jenajng strata dua (magister) yang memiliki kemampuan analisis dan profesional untuk ememcahkan berbagai persoalan masyarakat dan bangsa dalam bidang pendidikan

Menjadi magister yang berakhlak mulia, berkesadaran hukum, emgnutamakan persatuan dan kesatuan yang tinggi, yang dapat mendukung bagi terwujudnya peningkatan kualitas proses dan hail pembangunan serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia


PENGERTIAN SGI
Sekolah Guru Indonesia (SGI) adalah salah satu jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa yang berkomitmen melahirkan guru transformatif yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik dan berjiwa kepemimpinan sosial. Sekolah Guru Indonesia didedikasikan bagi para pemuda Indonesia yang siap mengabdikan diri menjadi guru serta siap berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di seluruh penjuru Nusantara.

Tahun 2016, SGI Bekerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membuka kelas khusus SGI Pasca Sarjana. Program ini adalah gebrakan baru pendidikan guru yang memadukansistem pendidikan asrama, perkuliahan pasca sarjana Managemen Pendidikan Islam, dan aktivitas sosial secara terpadu, sehingga peserta didik dibina intensif selama 24 jam.

ALUR PROSES SEKOLAH GURU INDONESIA

Dalam proses melahirkan Guru Transformatif, dibutuhkan input SDM unggul yang memiliki passion dan visi memajukan pendidikan Indonesia serta semangat pengabdian yang menggelora. Karena itulah, dalam merekrut guru, SGI menetapkan beberapa tahapan yang harus dilewati dengan baik oleh calon mahasiswa SGI, yakni Seleksi Administrasi, Focus Group Discussion (FGD), dan Interview.
Sekolah Guru Indonesia memberikan kesempatan bagi para pemuda Indonesia lulusan S1 semua jurusan, belum menikah dan bersedia menunda menikah selama program berlangsung, usia dibawah 25 tahun untuk menjadi bagian dari Guru Transformatif SGI. Pendaftaran akan dibuka setiap bulan Mei (semester I) dan bulan November (semester II).

Pembinaan selama 4,5 bulan akan dilaksanakan di Bumi Pengembangan Insani – Bogor Jawa Barat. Pembinaan dilakukan secara intensif selama 24 jam dengan materi komprehensif, mulai orientasi, perkuliahan (Profesional, Sosial, Pedagogik dan Kepribadian), training, military super camp, pemberdayaan masyarakat, pendampingan mengajar di sekolah mitra, SGI Help and Care (SHARE), maupun kegiatan keasramaan seperti tahfidz, buka puasa bersama, aktivitas Keluarga Mahasiswa (KM) SGI, dll. diharapakan dengan aktivitas tersebut dapat menyiapkan Guru yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik dan berjiwa kepemimpinan sosial.

Setelah selesai penempatan (1 tahun), Guru SGI akan menjalani serangkaian Temu Guru Nasional, yaitu acara yang dirancang untuk mempertemukan kembali mahasiswa SGI setelah selesai masa pengabdian di sekolah penempatan.  Bentuk acaranya berupa evaluasi program, sharing, pertemuan alumni, job fair, wisuda dan workshop  beasiswa bagi guru SGI yang ingin melanjutkan pendidikan.

Untuk lebih mudahnya anda bisa lihat bagan dibawah ini.

REKRUTMEN SEKOLAH GURU INDONESIA




Tahap 1: seleksi berkas-wawancara dan tes-microteaching (SGI)
Tahap 2: Tes Potensi Akademik, TOEFL/ TOAFL, Proposal Tesis, dan Wawasan Bidang Ilmu (Magister)
Kriteria:
1.    IPK
·         PT Akreditasi A: 3,0
·         PT Akreditasi B: 3,5
2.    Muslim/muslimah
3.    Tidak merokok
4.    Belum menikah dan belum pernah menikah serta mau menunda pernikahan selama program berlangsung
5.    Lulus s1 jalur skripsi dari PTN/PTS
6.    Usia maksimal 27 tahun
7.    Berhijab bagi muslimah
8.    Bersedia mengikuti pembinaan asrama 1 tahun dan siap ditempatkan di daerah penempatan 1 tahun
9.    Aktif di organisasi
10.  Berkontribusi di masyarakat
11.  TOEFL min 450

Persyaratan Berkas
1.    FC KTP
2.    Form Pendaftaran
3.    FC Ijazah S1 terlegalisir basah
4.    FC transkrip S1 terlegalisir basah
5.    SK Sehat dari dokter
6.    Surat Izin Ortu dan Surat Kesediaan mengikuti program
7.    Surat izin inztitusi/perusahaan (jika sudah bekerja)
8.    Sertifikat prestasi nasional
9.    Foto 3 x4, 2×3, 4×6 (masing-masing 3 lembar)
10.  Jurusan Kependidikan dan Non-dik (diutamakan kependidikan)
11.  Sertifikat TOEFL
12.  Proposal Tesis

Cara Mendaftar :
Kirim Berkas Pendaftaran ke alamat: SEKOLAH GURU INDONESIA – DOMPET DHUAFA Jl. Raya Parung – Bogor KM. 42 Ds. Jampang, Kec. Kemang, Kab. Bogor – Jawa Barat 16310
Telp. (0251) 8610818 ext.33 Fax. (0251) 8615016

Fb: Sekolah Guru Indonesia – Dompet Dhuafa Twitter: @SGIDompetDhuafa CP Penerimaan Mahasiswa Baru (Najmi Ridha Syabani / 085716210492)

Nah setelah anda baca semua tentunya sekarang anda paham apa itu Sekolah Guru Indonesia, sehingga anda akan semakin mantap untuk mendaftar program SGI terebut. 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " SEKOLAH GURU INDONESIA | TATA CARA MENDAFTAR (SGI)"